Desa Sewukan Saat ini sudah memilki web desa, terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses on line kami.

 

 

Belajar di Desa Sewukan

Administrator 02 Oktober 2018 11:27:48 WIB

SID SEWUKAN.  Gedung sekolah, Gedung Universitas yang identik dengan proses belajar bukan satu-satunya tempat memperoleh ilmu pengetahuan. Dimana ada tempat dan waktu disitulah kita dapat belajar untuk memperoleh pengetahuan baru  yang mungkin belum kita peroleh.

LIVE IN merupakan salah kegiatan belajar informal yang ada di desa sewukan. Peserta live in biasanya dari siswa siswa SMA yang berasal dari luar magelang, jakarta, bogor, bandung, jogjakarta, Solo, semarang.   di desa sewukan selama 3 hari 4 malam.

Gambaran kegiatan live in yang ada di Desa Sewukan, para siswi akan mendapatkan pengalaman melihat, mengalami langsung kehidupan didaerah pedesaan sebagai wawasan baru untuk refensi pengembangan diri.

Beberapa kegiatan   live in yang akan diperoleh di Desa Sewukan di antaranya

1. Tinggal bersama Keluarga

Peserta Live in akan tinggal bersama orang tua angkat  yng sebagian besar sebagai petani. Dalam keluarga ini peserta akan mengikuti semua kegiatan dikeluarga yang ditempati diantaranya: ke sawah, mencari rumput, memasak, kegiatan gotong royong dan lain sebagainya

2. Ekonomi Kreatif / Keterampilan

Siswa akan belajar managemen sederhana. Dengan menyisihkan uang saku meraka, anak anak akan diajak berkreasi membuat hal hal sepele untuk dijadikan sesuatu yang mempunyai nilai lebih. Peserta secara berkelompok akan belajar memasak dari bahan baku ketela menjadi berbagai macam bentuk makanan.

Selain itu peserta juga dapat belajar membuat kerajinan sederhana. Seperti anyaman banbu dan membatik sapu tangan

3. Produsi pangan

Secara bersama sama peserta akan pratik langsung proses penanaman padi. Dari persiapan lahan ( membajak). Mempersiapkan Benih ( Ndaut), hingga menanam pagi (tandur).

4. Jelajah alam

Peserta secara bersama sama diajak menelusuri sungai Tlising. Selain dapat meningmati alam yang masih alami. Diselingi dengan game game sederhana

5. Latihan kesenian tradisional

Masing masing kelompok lingkungan/ dusun akan  belajar kesenian tradisional sesuai dusun yang ditempati, diharapkan dengan kegiatan tersebut para murid  dapat merasakan sendiri sebagai pelaku seni, mengekspresikan diri, menghargai seni, adat istiadat. Yang akan dipentaskan pada malam Pentas Ekpresi.

6. Malam Pentas Ekpresi

Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada malam terakhir kegiatan live in. anak anak akan mementaskan kesenian tradisional yang sudah mereka pelajari dan akan digabungkan dengan kreasi kreasi dari pengalaman selama mengikuti kegiatan live in

Kegiatan Live In yang ada didesa sewukan ini diharapakan dapat membuka wacana baru dan pengalaman baru baik untuk peserta maupun masyarakat pada umumnya. Sehingga Desa Sewukan akan lebih dapat berkembang.

TIM SID

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Tautan Terkait

Link

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aparatur Desa

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Lokasi Sewukan

tampilkan dalam peta lebih besar