Perti Dusun Sewukan Tegal

Administrator 13 November 2017 08:29:09 WIB

Sewukan 13/11/2017, Dalam rangka menyambut bulan sapar, warga Dusun Sewukan Tegal, Desa Sewukan, Dukun, Magelang, menggelar acara tradisi perti dusun, berupa kirab gunungan dan gelar budayapada tanggal 11 November 2017. Melalui tradisi budaya ini, warga memohon doa kepada Tuhan YME, agar mendapatkan hasil panen melimpah dan dijauhkan dari hama. 

Ketua Panitia, Sujito, mengatakan acara perti dusun yang digelar setiap bulan Sapar ini menampilkan sejumlah potensi yang dimiliki, baik berupa kekayaan alam, kesenian maupun adat budaya. Sebuah gunungan berisi hasil bumi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan diarak warga keliling Desa. Setelah acara arak-arakan gunungan kemudian digelar acara gelar budaya yaitu kesenian soreng dari Kalibening dan Sendra Tari dari dusun Soko. Di sela-sela acara diadakan perkenalan perangkat Desa Sewukan yang baru oleh bapak Kades Sewukan Kencuk Dedy Riswanto.

Acara perti dusun ini sekaligus juga bertujuan untuk mempersatukan masyarakat, dan menjalin kerukunan antar umat beragma. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat tercipta masyarakat yang saling asah, asih, asuh,  saling menghormati dan mengasihi.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Sewukan

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung